Contoh Analisis Figure Ground

Analisis Figure Ground, Linkage System dan Place
Figure Ground adalah Hubungan tekstural antara bentuk yang dibangun (building mass) dan ruang terbuka (open space). Analisis figure ground adalah alat yang sangat baik untuk mengidentifikasikan sebuah tekstur dan pola tata ruang  perkotaan serta mengidentifikasikan masalah keteraturan massa / ruang perkotaan. 

Analisis Figure Ground Perumahan Purin
-          Pola : Homogen
Karena bentuk bangunannya hampir semuanya sama dan saru jenis. Pada pola ini membentuk pola yang teratur dan rapi. Massa  bangunan pun mungkin hampir sama dikarenakan ini di daerah perumahan adalah satu penataan.
-          Pola tekstur kota secara diagramatis termasuk pola Grid
yaitu berbentuk kotak-kotak atau grid dan teratur mempunyai simetris
-          Elemen solid perumahan ini adalah blok, karena hampir semua penuh dengan bangunan tanpa space kosong
-          Elemen void perumahan ini adalah Sistem terbuka yang linear


Analisis Linkage System Perumahan Purin
Sistem  hubungan perumahan Purin ini dengan tempat lain atau dengan pusat kota adalah termasuk Linkage Visual dalam bentuk irama (rhythm), karena generator perkotaan seirama antar bangunan dan tempat, semua berfungsi sama. Sedangkan perumahan ini terhubung keluar di pusat kota sendiri. Jadi hubungan perdagangan dan ekonomi sebagai perkotaan tidak begitu ramai di perumahan ini. Karena perumahan ini tidak sebagai pusat kota wilayah Kendal,namun dalam perumahan ini semua rumah atau antar bangunan memiliki system hubungan yang seirama dan seimbang.


Analisis Place Perumahan Purin
Place yang terdapat di Perumahan Purin ini adalah Place identitas, yaitu model rumah yang mencerminkan masa modern saat ini, tidak ada bangunan kuno.

Gambar Figure Ground



 

Komentar